Politics

ANALISIS PROTEIN METODE KJELDAHL PDF

Analisis protein dapat dilakukan dengan metode kualitatif dan metode kuantitatif. Metode Kjeldahl merupakan salah satu metode kuantitatif yang dapat. Analisis protein secara umum dilakukan dengan dua metode, yaitu kualitatif dan Kjeldahl digunakan untuk menganalisis kadar protein kasar dalam bahan. Crude protein content; Johan Kjeldahl () developed the basic process Protein analysis in foods has been mostly done by determining Nitrogen Content Metode ini digunakan untuk penetapan kadar protein dalam susu secara cepat .

Author: Nenris Gardakus
Country: Guinea-Bissau
Language: English (Spanish)
Genre: Environment
Published (Last): 18 January 2010
Pages: 210
PDF File Size: 15.67 Mb
ePub File Size: 6.29 Mb
ISBN: 316-7-55411-788-5
Downloads: 56694
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Nik

Penentuan Protein Metode Bradford

Tabung reaksi 3 diisi L BSA. Hasil percobaan sesuai dengan teori bahwa semakin banyaknya volume NaCl, protein yang terlarut akan semakin banyak, sehingga nilai absorbansinya kecil. Hal ini dapat diakibatkan sinar putih pada setiap panjang gelombang dapat terseleksi lebih detail oleh prisma Underwood Reagen yang disimpan harus disaring terlebih dahulu sebelum digunakan Rosenberg Sifat-sifat protein inilah yang menyebabkannya menjadi salah satu biomarker dalam penelitian. Sumbu x merupakan konsentrasi protein, sedangkan y merupakan nilai absorbansi.

Penentuan Protein Metode Bradford

Kemudian tabung reaksi 1 diisi dengan L NaCl. Praktikum ini bertujuan menentukan kadar protein dalam suatu sampel dengan metode Bradford, yaitu dengan metode spektrofotometri menggunakan kurva standar.

Journal of Food Composition and Analysis 16 8: Penentuan kadar protein dilakukan berdasarkan metode Bradforddengan Gugus pada asam amino tersebut dapat berupa senyawa aromatik, rantai panjang karbon, sulfida, amina, dan sebagainya Underwood Metode Metodf dilakukan untuk menganalisis protein terlarut dengan menggunakan spektrofotometer pada panjang gelombang nm Sumardji dalam Rahayu Namun, respon reagen Bradford rentan terhadap pengaruh nonprotein, khususnya detergen, dan menjadi semakin nonlinier pada tinggi akhir konsentrasi berbagai protein yang berguna.

  MANTENEDORES DE ESPACIO EN ODONTOPEDIATRIA PDF

Protein Analysis and Purification: Protein memiliki bobot molekul besar, sehingga ketika dilarutkan akan membentuk senyawa koloid, juga protein tidak dapat melalui membrane semipermeabel dikarenakan sifatnya itu. Penentuan panjang gelombang maksimum dilakukan untuk mengetahui ketika absorpsi mencapai maksimum sehingga meningkatkan proses absorpsi larutan terhadap sinar Rohman Prosedur PenelitianPembuatan Kurva StandarSebanyak 6 buah tabung reaksi yang bersih dan kering disiapkan dan diberi label 1, 2, 3, 4, 5dan 6.

Metode Penentuan Arah Kiblat Documents. Dengan semakin kecilnya nilai absorban, menunjukkan bahwa protein yang larut semakin banyak Khopkar Penentuan aktivitas selulase dengan metode DNS Panjang gelombang maksimumnya adalah nm, didasarkan atas warna reagen CBBG bebas yaitu merah-kecokelatan Imaks nmsedangkan dalam suasana basa reagen CBBG akan berada dalam bentuk anion yang akan mengikat protein membentuk warna biru Ojeldahl Neide et al.

Aanlisis adalah polimer biologi berbentuk rantai molekul panjang yang tersusun atas molekul-molekul kecil asam amino yang saling berikatan dengan ikatan peptida. Metode Bradford banyak digunakan karena cara pewarnaannya yang praktis dan memiliki nilai sensitivitas tinggi.

kje,dahl Massachusetts General Hospital US: Anaisis NaCl menyebabkan nilai absorbansinya menurun atau semakin kecil, karena pengompleksan protein dan zat warna CBB dalam reagen Bradford akan semakin sedikit. Metode lain yang dapat digunakan untuk menganalisis kadar protein selain metode Bradford adalah metode Lowry dan metode biuret.

Prinsip kerjanya didasarkan pada peningkatan secara langsung zat warna Coomasie Brilliant Blue G CBBG oleh protein yang mengandung residu asam amino dengan rantai samping aromatik tirosin, triptofan, dan fenilalanin atau bersifat basa arginin, histidin, dan anlaisis. Setiap tabung ditambahkan 5 ml reagen Bradford ke dalamnya, dikocok perlahan hingga homogen dan didiamkan hingga terjadi perubahan warna. Semakin besar panjang gelombangnya maka akan semakin kecil nilai absorbansinya.

  ASHRAE STANDARD 62-1989 PDF

Konsentrasi sampel ditentukan dengan memasukkan nilai absorban ke persamaan garis yang sudah diperoleh pada percobaan pertama. Pada hasil percobaan analisis kadar protein suatu sampel dalam Tabel 2, nilai absorbansi terukur dari sampel digunakan untuk mencari konsentrasi proteinnya melalui kurva standar. Hasil pengukuran absorbansi deret standar protein metode Bradford pada panjang gelombang nm dapat dilihat di Tabel 1.

Prinsip metode Bradford adalah penggunaan prtoein dalam pengikatan warna Coomaise Brilliant Blue oleh protein yang mengandung residu asam amino dengan rantai samping aromatik tirosin, triptofan, dan fenilalanin atau bersifat basa arginin, histidin, dan leusin.

Kemudian setiap larutan dalam tabung reaksi diukur nilai absorbansinya dengan panjang gelombang nm. Jumlah CBB yang terikat pada protein proporsional dengan muatan positif yang ditemukan pada protein Metkde dan Walker Jika pemilihan panjang gelombang memiliki spektrum perubahan besar pada nilai absorbansi saat panjang gelombang sempit, maka apabila terjadi penyimpangan kecil pada cahaya yang masuk akan mengakibatkan kesalahan besar dalam pengukuran.